BEKAM (HIJAMAH)

Perkataan BEKAM berasal dari istilah Bahasa Melayu yang berarti PELEPASAN DARAH KOTOR, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan CUPPING dan dalam bahasa Arab diterjemahkan sebagai “AL-HIJAMAH” dan di Indonesia kita kenal dengan istilah KOP atau CANTUK.

Darah Kotor Hasil dari pemBEKAMan

BEKAM merupakan suatu Tekhnik Pengobatan SUNNAH RASULULLAH SAW yg telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak jaman dahulu, kini pengobatan ini sesuai perkembangan jaman telah dimodernisasi dan tetap mengikuti kaidah-kaidah yang ILMIAH, dengan menggunakan suatu alat yang PRAKTIS dan EFEKTIF serta Tanpa EFEK SAMPING.

Tekhnik Pengobatan BEKAM adalah suatu proses Membuang Darah kotor (Toksid/Racun) yang berbahaya dan sudah tidak dipakai oleh tubuh yang berada di bawah kulit melalui pembukaan kulit Epidermis.

Kulit adalah Organ terbesar dalam tubuh manusia, karena itu banyak mengandung Darah Kotor/Toksid/Racun yang berkumpul akibat sisa-sisa metabolisme.Toksid/Toksin adalah endapan Racun/Zat Kimia yang tidak bisa diurai oleh tubuh kita. Toksin atau Racun ini boleh dikatakan ada pada setiap orang, karena toksin-toksin ini berasal dari Pencernaan yang hampir setiap hari diisi oleh makanan-makanan yang mengandung Zat Pengawet, Zat Perasa, Zat Pewarna, Zat Pengembang, Pestisida,dll juga Udara diluar yang kondisi sekarang sudah banyak sekali Pencemaran.

Dengan melakukan penghisapan/vakum maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/ kop sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) dan toksin, menghilangkan perlengketan/ adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer.Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa bekam bekerja dengan cara merangsang atau mengaktifkan: (1) sistem kekebalan tubuh, (2) Pengeluaran Enkefalin,(3) Pelepasan neurotransmiter, (4) Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah serta (5) “the gates for pain” pada Sistim Syaraf Pusat (CNS) yang berfungsi mengartikan sensasi rasa nyeri.

Apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam, maka akan terjadi kerusakan mast cell dan lain-lain pada kulit, jaringan bawah kulit (sub kutis), fascia dan ototnya. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin, histamine, bradikinin, slow reacting substance (SRS), serta zat-zat lain yang belum diketahui. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol, serta flare reaction pada daerah yang dibekam. Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku serta akibat vasodilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil. Yang terpenting adalah dilepaskannya corticotrophin releasing factor (CRF), serta releasing factors lainnya oleh adenohipofise. CRF selanjutnya akan menyebabkan terbentuknya ACTH, dan corticosteroid. Corticosteroid ini mempunyai efek menyembuhkan peradangan serta menstabilkan permeabilitas sel.Penelitian lain menunjukkan bekam pada titik tertentu dapat menstimulasi kuat syaraf permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C, serta traktus spinothalamicus kearah thalamus yang akan menghasilkan endorphin. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut aferen simpatik menuju ke motor neuron dan menimbulkan reflek intubasi nyeri.

Dengan berBEKAM inilah Darah Kotor/Toksid/Racun dapat dibersihkan sehingga darah menjadi Bersih dari Kotoran/Racun yg membuat Sirkulasi Darah menjadi Lancar. Inilah salah satu cara DETOKSIFIKASI (Proses pengeluaran Darah Kotor/Toksid/Racun) yg sangat Efektif dan Tanpa Efek Samping selama orang yg diBEKAM KONDISInya memungkinkan dilakukan pemBEKAMan.

BEKAM dapat menghilangkan rasa sakit, pegal-pegal dan manfaat yang utama adalah membuang racun yang ada dalam tubuh kita.

Reaksi pigmen pada kulit bekas bekam adalah sebagai berikut :

  1. Bekas bekam yang muncul berwarna ungu kegelapan atau hitam, pada umumnya hal ini mengindikasikan kondisi defisiensi (kekurangan) pasokan/suplai darah dan channel/saluran (pembuluh) darah yang tidak lancar yang disertai dengan keberadaan darah statis (darah beku).

  2. Bekas bekam yang muncul berwarna ungu disertai plaque (bercak-bercak), pada umumnya hal ini menandakan terjadinya gangguan/ kelainan gumpalan darah yang berwarna keunguan dan adanya darah statis (darah beku).

  3. Bekas bekam yang muncul berbentuk bintik-bintik ungu yang tersebar dengan tingkatan warna yang berbeda (ada yang tua dan ada yang ungu muda). Hal ini menandakan kelainan “Qi” dan darah statis.

  4. Bekas bekam yang muncul berwarna merah cerah, biasanya hal ini menunjukkan terjadinya defisiensi “Yin”, defisiensi “Qi” dan darah atau rasa panas yang dahsyat yang diinduksi oleh defisiensi “Yin”.

  5. Bekas bekam yang muncul berwerna merah gelap, hal ini mengindikasikan kondisi lemak di dalam darah yang tinggi disertai dengan adanya panas patogen.

  6. Bekas bekam yang muncul berwarna agak pucat/putih dan tidak hangat ketika disentuh, hal ini mengindikasikan terjadinya defisiensi cold (dingin) dan adanya gas patogen.

  7. Adanya garis-garis pecah/ruam pada permukaan bekas bekam dan rasa sedikit gatal, hal ini mengindikasikan kondisi adanya wind (lembab) patogen dan gangguan gas patogen.

  8. Munculnya uap air pada dinding bagian dalam gelas bekam, menandakan kondisi adanya gas-gas patogen pada daerah tersebut.

  9. Adanya blister (lepuhan/lecat) pada bekas bekam, menggambarkan kondisi gangguan gas yang parah pada tubuh. Adanya darah tipis pada blister merupakan reaksi gas panas toksin.

Sejak Zaman Mesir kuno kaidah berbekam menjadi cara untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, seperti sawan (epilepsi), angin ahmal (stroke), hingga ke penyakit-penyakit ringan ringan seperti masalah kulit, sering letih dan lesu atau sering masuk angin.

WAKTU terBAIK berBEKAM seperti Sunnah Rasull adalah satu minggu setelah BULAN PURNAMA di setiap tanggal GANJILnya yaitu 15,17,19,21 berdasarkan bulan Qomariah atau Bulan ISLAM (Hijriyah), karena di tanggal-tanggal tersebut GAYA GRAVITASI BULAN terhadap BUMI sedang sangat Kuat-kuatnya sehingga Darah Kotor sedang Bergejolak dan ada di Permukaan tubuh sehingga membuat Proses pemBEKAMan akan berjalan sangat Efektif.

Ada dua cara BEKAM atau HIJAMAH, yaitu :
1. BEKAM KERING/ANGIN (Dry Cupping), yaitu tekhnik pembekaman hanya untuk melegakan kesakitan emergensi (darurat) tanpa melukai kulit ( tidak dikeluarkan darahnya), BEKAM ini hanya untuk mengeluarkan Angin saja.


2. BEKAM BASAH/DARAH (Wet Cupping), yaitu tekhnik pembekaman yang mengeluarkan darah kotor/racun dengan membuka/melukai bagian kulit epidermis setelah di Kop dan siap, ada dua cara pembukaan/pelukaan kulit epidermisnya yaitu dengan Lancet (Jarum) atau dengan Surgical Blade/Bisturi (Pisau Bedah).

BEKAM Basah
Khusus pemakaian Surgical Blade/Bisturi (Pisau Bedah) pembekam harus mahir dan sudah mengenal berbagai macam karakter kulit agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan lakukan DIAGNOSA terlebih dahulu sedetail mungkin agar hasil BEKAMan menjadi tepat dan efektif.

Sesungguhnya RASULULLAH SAW pada waktu beliau di Mi’rajkan tidak melewati seorang Malaikatpun kecuali mengatakan “LAKUKAN OLEHMU BERBEKAM” (HR.At Tirmidzi).

Nabi Muhammad SAW merupakan insan pertama yang dibekam para Malaikat atas perintah ALLAH SWT sebelum Isra dan Mi’raj.

BerBekam adalah Pengobatan Islam yang Rasulullah SAW amalkan sehingga menjadi SUNNAH RASUL sebagaimana terdapat dalam Shahih Al Bukhari dari Said Ibnu Jabir dari Ibnu Abbas dari Nabi SAW, Beliau Bersabda :
” Kesembuhan itu ada 3 hal, yaitu dalam Pisau pemBEKAMan, Meminumkan MADU, dan pengobatan dengan besi Panas, dan Aku melarang UmmatKu melakukan pengobatan dengan besi panas ”

Dari Anas ra, bahwasannya Nabi SAW bersabda : ” Sebaik-baiknya sesuatu yang kamu pergunakan menjadi obat adalah berBEKAM ” (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)

BerBEKAM untuk Kesehatan Jasmani & Rohani

BEKAM adalah sebuah Tekhnik Pengobatan yang disampaikan ALLAH AZZA WA JALLA melalui MALAIKAT JIBRIL kepada RASULULLAH SAW….artinya BEKAM adalah sebuah WAHYUALLAH….sebagai seorang Muslim yg BerIMAN tidak selayaknya kita meragukan akan sebuah SUNNATULLAH…..Maka mari kita Berbekam untuk KEIMANANAN & KESEHATAN diri kita….INSYAALLAH.

  1. Assalamualaikum,
    Jika adanya blister (lepuhan/lecat) pada bekas bekam, apa yang harus dilakukan?
    Wassalam

    • Wa’alaikumusalam, jika muncul Blister segera hentikan proses pembekaman, karena klo tidak akan semakin banyak….Biarkan saja Blisternya dan oles dg Minyak Herbal/But2/Zaitun nanti juga kempis dan kering sendiri….InshaALLAH

      • sumbang saran….jika blister sdh terjadi,ambil jarum lancet yang masih steril dn msh tertutup, tusuk pelan pelan sampe keluar cairannya, tekan pelan dg kain kassa sampe bnr kering,baru olesi dg minyak habbah sauda,insyaallah akn cpt smbh, krn biasanya blister bikin sakit n panas….

  2. Assalamualaikum
    Saya mau tanya… Buka praktek untuk daerah Semarang tidak ya?
    saya sangat ingin sekali mencoba.. untuk penderita asam lambung
    bisa juga ga ya?
    Wassalamualaikum

  3. Muthiatul Mufarrohah

    bagaimana menangani pasien yg pingsan setelah dibekam?

    • Pasien yg Pingsan ketika diBekam yg harus dilakukan adalah melepas semua Kop Bekam yg menempel di Badan, lalu bersihkan darah yg ada kemudian baringkan pasien dg posisi terlentang dg tanpa alas kepala (bantal) dan ganjal kakinya agar lebih tinggi dari kepalanya….InshaALLAH dlm 5-15 menit pasiennya akab siuman lagi, setelah siuman beri minum Madu dg air hangat….

  4. seandainya pada waktu bekam pasien kita pingsan trus apa yang harus kita lakukan

    • pasien pingsan ketika diBekam, cepat lepas semua kopnya lalu baringkan dg kepala tanpa alas dan letakan kakinya lebih tinggi dari kepala, bisa dg kursi atau ditempelkan ke dinding….InsyaALAH 5-15 menit kemudian biasanya sudah siuman lagi

  5. Assalamu’alaikum…
    ketika membekam darahnya keluar tp bekas bekamannya tidak berwarna merah dll, kenapa itu?

  6. Kalau darah beku di TELAPAK KAKI cara penyembuhannya gimana? saya kecelakaan 2 bulan lalu, kaki kanan saya sobek di bagian kura2 dalam tapi sudah merapat luka sobeknya. nah karena saat kecelakaan sobeknya panjang itu berefek di telapak kaki saya gumpalan darah lama2 jadi beku dan bengkak kaki saya. bengkaknya sudah menurun tp di telapak kaki bener2 darah beku saya jadi susah jalan. cara sembuhin darah beku ini apa saya harus Bekam untuk buang darah beku supaya ganti darah baru dari tubuh saya?

  7. Assalamualaikum,
    Terima kasih atas artikel yang sangat berguna terutama untuk saya yang ingin belajar bekam. Alhamdulillah jam 11.00 tgl 17 Januari 2013 adalah pengalaman bekam saya pertama kali. Sesaat setelah berbekam terus terang saya tidak bisa (belum) merasakan efeknya. Namun setelah tidur kurang lebih 15 menit, Subhanallah nafas saya terasa sangat panjang (saya menderita sinusitis akut). Biasanya kl sy ambil nafas panjang, paru2 saya terasa sakit. Sekarang rasanya seperti saya sanggup lari maraton. Badan ringan, nafas panjang.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Berapa lama proses berbekam ini boleh diulangi?
    2. Saya ingin belajar membekam agar orang2terdekat saya dapat menikmati efeknya yang luar biasa, apa saja yang perlu saya persiapkan? Apakah dengan mempelajari titik bekam dari https://uwoholistik.wordpress.com/khasiat-titik-bekam-rasul/ cukup?

    Saya ucapkan terima kasih atas perhatian admin untuk menjawab pertanyaan saya,dan semoga Allah memberkahi kita semua.

    Wassalamualaikum.

    • Wa’alaikumusalam, Alhamdulillah klo tulisan2 sy bisa bermanfaat….
      1. Bekam boleh dilakukan lagi kapanpun dg catatan Luka Bekamnya sudah sembuh…
      2. Bekam adalah keAHLIan jadi harus melalui proses pembelajaran yg Benar dan tidak boleh belajar otodidak, maka belajarlah pada yg AHLInya…

  8. asslamualaikum pak ustad, saya dari dulu tertarik pengen dibekam tetapi tidak tahu tempatnya dimana, boleh saya tahu dimana alamat tempat praktiknya pak ustad? trimakasih pak ustad

    • Wa’alaikumusalam,
      di Komp. Giri Mekar Permai B.63/13
      Cijambe – Ujungberung – Bandung
      Tapi dari tgl 1 Des 2013 saya sedang di SUlawesi min sampai pertengahan bulan maksimal sampai akhir bulan, dan bulan January ada agenda ke Riau…InsyaALLAH

  9. Didaerah Karawang ada cabang tidak pak ustad?

  10. assalammualaikum pak ustadz, saya belum pernah bekam tapi ingin mencoba bekam,sya mw menanyakan,apakah saat dibekam itu akan terasa sakit saat penyedotan darah terutama saat kulit di iris pake pisau bedah atau jarum,dan apakah bekas bekam akan hilang dalam jangka waktu yg panjang atau memberikan bekas permanen pada kulit, saya dari pekanbaru-riau, kira2 pak ustadz ada rekomendasi gk dmn tmpt bekam yang bagus disini?sblm ny terimakasih, wassalam🙂

    • Wa’alaikumusalam…
      Saat Pertama kali Bekam sebaiknya jangan melihat orang yg diBekam tapi lakukan dulu agar bisa merasakan langsung bagaimana rasanya diBekam..
      Karena apa yg terlihat jauh berbeda dg apa yg dirasakan…
      diBekam memang ada rasa sakit tapi masih bisa ditolerir tubuh karena semuanya bersifat alamiah…
      Pertama ketika di kop itu ada rasa Pedas ketika di Kop seperti diCubit besar….lalu ketika dikeluarkan darahnya ada rasa sakit sedikit seperti digigit semut….ketika selesai Bekam rasa Sakit itu tergantikan dg rasa enak & nyaman tubuh kita seperti habis Olahraga…Segar….
      dg catatan Bekamnya dilakukan org yg ahli dan dg tekhin yg Optimal….In Shaa ALLAH….
      Sy January ada agenda ke Kepulauan Riau utk Kelas Pelatihan & Terapi
      Saat ini sy sedang di Makasar sampai tgl 20 an Desember 2013….Akhir Desember kemungkinan ada di Jogjakarta….Awal atau Pertengahan January 2014 In Shaa ALLAH sy berangkat ke Riau…

  11. Asw. Saya pasien jantung yg sdh 2x di rwt di ICU, Boleh ndak dibekam ustaz. Terima kasih

    • Wa’alaikumusalam…
      In Shaa ALLAH Bekam salah satu Tekhnik yg Paling Baik utk mengatasi masalah jantung tanpa Operasi….akan lebih Optimal bila dikombinasi dg Terapi Lintah
      Karena Masalah pada jantung akibat kekentalan darah & Penyumbatan2 darah….
      Bekam + Lintah bekerja menguras/membuang sumbatan2 darah sekaligus lintah mengeluarkan kelenjar hirudine yg mengencerkan darah, maka Jantung akan kembali Normal bila sumbatan2 darah yg sudah terkikis dan darah dalam kondisi encer….

  12. Apakah gagal ginjal dan sudah cuci darah masih bisa di sembuhkan dengan bekam. Dan di mana alama bekam di tangerang

    • Bekam adalah tekhnik yg efektif utk mengatasi gagal ginjal….di Tangerang belum ada cabang….kadang2 sy suka ada ke jabodetabek….sms kan saja nama & alamatnya ke 081 221 180 182 ….nanti klo sy ada kesana dihubungi…In Shaa ALLAH

  13. Aslm ustadz saya mau tanya kemarin saya berbekam di daerah dada…yg mau saya tanyakan kenpa bekas bekamnya terasa sakit bila disentuh rasa sakitnya seperti bengkak…lalu bekas bekamnya sebagian berwarna merah cerah keunguan dan sebagian tdak terlalu berwarna(pucat tp ada titik2 merah)…itu kenapa ya?dan bagaimana penanganannya??jazakallah

    • Wa’alaikumusalam….
      Bagian dada memang kulitnya berbeda dg punggung akan terasa lebih sakit….oles saja Minyak Herbal setipa habis mandi…
      Warna keunguan itu menandakan adanya sumbatan2 darah & kondisi darah yg agak kental….klo warna pucat menunjukan banyaknya angin ditubuh….
      Bekam rutin sebulan sekali dan konsumsi Madu & Kurma setiap hari….In Shaa ALLAH

  14. Assalamualaikum.wr.wb….
    Saya mau tanya pak ustad…
    Saat di bekam kering……di semua bagian yg di bekam terasa sangat gatal..
    itu termasuk gejala apa ya pak ustad,,,
    terimakasih….

  15. assalamualaikum pak..
    sudah hampir 4 bulan setiap harinya 24 jam 7 hari, saya merasakan tubuh saya tidak seimbang. rasanya seperti melayang2. tidak seperti vertigo, ini lebih seperti perasaan terombang ambing di atas kapal. di samping itu saya juga merasakan sakit kepala seperti diikat atau ditarik. kadang ketika menelan saya bisa merasakan ada tekanan di kepala saya. begitu juga saat saya sedang berbicara dengan suara agak keras.. tubuh saya terasa agak lelah.. apakah penyakit sepertu ini bisa diatasi dgn berbekam? sudah 4x bolak balik dokter THTdan dua orang dokter syaraf yg saya datangi.. penyakit saya nggak kunjung sembuh.. mohon penjrlasannya pak ustadz.. terima kasih..

    • Wa’alaikumusalam …
      In Shaa ALLAH dg Bekam semua masalah itu bisa teratasi dg catatan yg MemBekamnya sudah Mahir….
      Coba Bekam di Al Kahil, AL Katifain & Titik Liver….In Shaa ALLAH

  16. bismillah,pak klo telapak kaki sering pegal knp y?trus pengobatanny gmn selain bekam.trmksh

  17. bismillah,pak dismbung dgn yg sblmny!telapak kaki yg pgl skrg pglny aga naik ke betis kdg sblh knn terasa pns.obt herbalny apa y pak?oh iya dh beberapa minggu ini sy lg rutin minum madu pagi+sore,sama g minum setelah mkn.yg asm lmbung sih dh g bgitu kyx sblmny tp kdg suka msh g enak mulutny+giginy.trmksh untk jwbnny

  18. Assalamualaikum pa ustad, sudah 6 bulan lebih saya kena gatal-gatal bentol berair di kulit bagian bawahsekitar atas paha, dan apabila digaruk itu seperti menyebar lingkaran-lingkaran, apa dengan pembekaman semua gatal-gatal nya bisa hilang? Dan kalau boleh tahu berapa biaya sekali pembekaman?
    Wassalam

    • Wa’alaikumusalam,
      bila itu bukan alergi dari kondisi darah kemungkinan ada patogen/bakteri…
      In shaa ALLAH Bekam mengatasi semua urusan darah dan menyeimbangkan sel2 darah bahkan meninkatkan plasma darah yg membangun sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat….
      Seluruh Rumah Sehat “NUR” Thibbun Nabawi di manapun tidak pasang tarif….
      Jadi utk yg mau melakukan pengobatan/perawatan itu Boleh INFAK seIKHLASnya…..In Shaa ALLAH

  19. Assalamualaikum, saya mau tanya apabila setah bekam, bekas bekam terdapat bintik2 merah bekas tusukan jarum kondisi penyakit pasien tersebut? Trima kasih.

  20. Assalaamualaikum ustadz bagaimana jika Kita membekam orang banyak dan alat bekamnya Hanya Kita cuci dengan alcohol apalah itu bahaya ustadz??

    • Wa’alaikumusalam…
      Selama pasien yg diBekam tidak ada yg punya penyakit menular ( hepatitis, HIV, AIDS ) In shaa ALLAH tidak masalah dibersihkan dg ALKOHOL 96% atau minimal 70%….cuma setelah selesai semua usahakan direndam dg Cairan Klorin Min 1 Jam dan dibersihkan dg Sabun Anti Lemak yg terbaik.

  21. Assalamualaikum, ustadz saya terbiasa bekam kering di bagian dahi jika vertigo saya kambuh(alhamdulillah mempercepat kesembuhan)tapi beberapa hari yang lalu ketika saya bekam bagian tersebut setelah bekam saya lepas membengkak dan sudah 5 hari tidak mengempes dan agak nyeri pada bengkak bagian kanan, mohon bantuannya ustadz

    • Wa’alaikumusalam….
      Ya….itu terjadi karena Darahnya tidak dikeluarkan dan pengKOPannya terlalu lama….
      Padahal akan lebih enak klo darahnya dikeluarkan….In SHaa ALLAH

  22. ‘afwan ustadz kenapa ketika dibekam terasa sangat gatal di bagian yang di kop ya?baru setelah dilepas gatalnya hilang?

  23. tapi ndak smua org gatal,apa mungkin saya byk patogennya ya?makasih pak ustadz

  24. kalo habis d bekam di titik bekam terasa pegal2 & dan badan trsa dingin , maaf pnyebbnya knpa

  25. salam ust. saya mau tanya.
    beberapa jam pasca di bekam bekas bekamnya terasa sakit dan panas, bahkan yg di leher sakitx hingga berhari2, knp ya ust. ?? kemudian bekam bekam saya sudah 8 hari tidak hilang. apa akan menjadi bekas permanen ust. ??? jazakallah ustadz.

    • itu sepertinya memakai tekhnik jarum….bukan tekhnik syartoh…
      penyebabnya karena darah yg seharusnya terkeluarkan masih berada dibawah kulit….
      InshaaALLAH nanti juga kembali Normal

  26. Ayah saya sekarang sedang sakit, yang menurut medis kerusakan syaraf-syaraf tepi, mulai dari telapak kaki sampai dengan pinggul sudah lumpuh/tidak dapat merasa dan tidak dapat bergerak, hal ini belum lama terjadi baru sekitar 2 bulan sekarang ayah saya merasa punggungnya selalu nyeri dan sekitar perut dan punggung sudah mulai tidak terasa, apakah dengan berbekam insya Allah bisa memperbaiki sel-sel sayaraf tepi dan mencegah kelumpuhan total seluruh badan? mohon dibalas, shukron

    • Itu masalah pada Ginjal….Kelumpuhan terjadi juga akibat darah tidak mengalir dari pinggul ke telapak kaki…
      Mungpung belum lama…coba cari tukang Bekam yg Ahli yg terdekat….In ShaaALLAH

  27. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terima ust.telah menjawab masalah saya,tidak kemarin hari rabu ayah saya demam tinggi sampai tidak sadar dan muntah, kami bawa ke rs.mitra kemayoran diagnosa hampir sama seperti ustad masalah ada di ginjal namun yang menyebabkan ginjal rusak karena ada masalah di sumsum tulang belakang, ayah saya berumur 74 th, hari ini akan di MRI untuk punggungnya (sumsum tulang belakang), dapatkah ustad rekomendasikan ahli bekam yang dapat kami jemput ke rumah, kami tinggal di daerah kemayoran jakarta pusat, ahli bekam sekitar jakarta adakah ? sukron, wasalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wa’alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh,
      Klo saja Usianya masih Muda pasti rumah sakit sudah akan melakkukan operasi sumsum tulang belakang….namun dg resiko yg bisa membuat lumpuh…
      demam tinggi disertai muntah itu ada peradangan atau bahkan mungkin ada luka pada usus halusnya….sebaiknya beri madu sebelum makan apa2…
      sy belum ada cabang di jakarta dan belum ada murid disana….namun sy biasanya ada ke Jakarta dalam satu bulan biasanya 2-3 hari disana….
      Sy coba dulu teman2 terapis yg ada disekitar jakarta dan mampu menangani kasus seperti ini….nanti dikabari….In Shaa ALLAH

  28. faisal firmansyah

    Assallamualaikum pak, saya dikota sidoarjo jawa timur.
    Saya seperti mendapatkan panggilan hati untuk belajar ilmu bekam, terlebih untuk orang2 disekitar saya yang kesehatannya bergantung pada obat2an.
    Adakan disekitar kota saya yang ustad tahu mau mengajari saya?
    Besar harapan saya untuk mewujudkan niat saya

  29. Ustadz kapan ada jadwal
    bekasi

  30. Assalamu’alaikum
    Saya punya penyakit polip hidung dan mata minus. Titik mana saja ya, yg harus di bekam?

  31. Maaf ustad, boleh kirimkan contoh2 kondisi kulit pasca bekam sprti warna kulit gelap keunguan dll sprti penjelasan ustad diatas. Untuk saya jadikan referensi dr tulisan ustad diatas. Pelengkap penjelasan masing2 keadaan kulit pasca bekam. Syukron

  32. Assalamualaikum, saya pengen belajar bekam , kalok daerah gresik dimana yaa alamatnya…… makasih //

    • Wa’alaikumusalam….
      Mas Thommy Maaf kami belum ada Cabang di Gresik, mungkin klo mas Thommy belajar kemudian hari bisa jd cabang kami di Gresik
      utk Informasi masalah Pelatihan/Private/Franchise silahkan kontak langsung ke
      HP : +62 818 223 645 /+62 81 221 180 182
      WA : +62 818 223 645
      Bbm Pin : 5377 E732

  33. Bismillah..
    1. ustd.. knp pasca bekam dileher (wrnany merah keungusn tua hmpir hitm ), selang 1hr trasa gatal.
    ap ad pngaruh krn mandi stlh bekm brjarak 4-5 jam. Bhkn kdg bekam mlm hr jd mndiny bsk pagi ( diolesi zaitun saat pmbkmn).
    Dan bgmn solusinya..?
    2. Daerah kaki kiri (pinggir antra kelingking kbwh mndekati tumit) klo dipijt sakit (posisi miring) sdh 2th bgini. Tp dipk jln tdk trasa sakitny.Prnh bkm lintah jg. Posisi yg tept dmn y ust utk bkn kop/lintah lg.
    jazakallah khoir atas jwbanny

    • 1. itu menunjukan tingkat racun di dlm tubuh cukup tinggi dan bila ada gatal umumnya karena ada bakteri atau patogen di dlm darah atau di ulit akibat alat bekam yg tidak steril bukan karena pengaruh mandi
      2.itu jalur kemih umunya disebabkan karena kurang minum air putih atau terlalu banyak senyawa kimia pada ginjal

  34. kenapa ya setelah di bekam manual pakai alat pompa tiba2 muncul bentol2 berair?
    bagaimana cara menghilangkannya atau harus di apakaan bentolan tersebut karena saya takur melihatnya seperti cacar air. thanks

    • itu dibekam orang atau ngebekam sendiri ?
      Umumnya itu karena PengKopan tidak memperhatikan Kondisi Kulit atau kondisi tubuh yg sedang banyak Gaz
      dibiarkan saja juga nanti sembuh sendiri cuma ketika gatal jangan digaruk apalagi pakai kuku cukup diusap usap saja

  35. Assalamu’alaikum,
    saya telah dibekam di bahagian kepala sebelah belakang dimana saya x dpt melihat efek apa yg terjadi pada kulit saya setelah berbekam. Tapi saya diberitahu darah saya adalah yang paling hitam dan bergumpal (clot) antara kebanyakan pasien yang lain. jika x keberatan, ini diagnosnya spt apa ya?
    -malaysia🙂

  36. brapa lama kah berbekam yg baik

    • BereBekam Idealnya dilakukan sebulan sekali bila utk Perawatan
      Namun bila ada Masalah Kesehatan serius bisa dilakukan Sebulan 2 kali, 4 kali atau seminggu 2-3 kali bahkan bila memang diperlukan bisa dilakukan setiap hari
      Tentunya semua berdasarkan Kondisi & Masalahnya….InshaaALLAH

  37. brafa lama kah berbekam yg baik itu

    • BereBekam Idealnya dilakukan sebulan sekali bila utk Perawatan
      Namun bila ada Masalah Kesehatan serius bisa dilakukan Sebulan 2 kali, 4 kali atau seminggu 2-3 kali bahkan bila memang diperlukan bisa dilakukan setiap hari
      Tentunya semua berdasarkan Kondisi & Masalahnya….InshaaALLAH

  38. Assalamu’alaikum ustadz.
    Apakah penderita penyumbatan tuba falopi bisa disembuhkan dengan berbekam dan harus berapa kali dilakukan terapi. dan apakah ustadz tau tempat yang direkomendasikan di wilayah medan dan palembang, karna sangat sulit untuk menemukan orang2 yang ahli. terimakasih atas bantuannya ustadz.

    • Wa’alaikumusalam
      InshaaALLAH semua urusan penyumbatan bisa dibantu dengan Bekam
      utk Medan ada Cabang Kami namun agak jauh di Kota Salak Pakpak Bharat, namun mudah2 an bisa bantu coba hubungi langsung Terapisnya
      ini alamatnya : Dusun SABAH, Desa KECUPAK II, Kecamatan PERGETTENG-GETTENG SENGKUT, Kabupaten PAKPAK BHARAT -SUMATERA UTARA
      Contact Person : Supriadi (+6282162150761)

  39. ustad, sy selalu membekam untuk penyakit yg ringan2 spt flu atau kecapekan. Dimanakah sy belajar lebih intens lagi dengan masalah bekam

  40. pk ustad, blister itu tanda tanda mengidap penyakit apa? mohon penjelasan dan anjuran utk mencegah/mengobati…tks.

  41. Pak uztad saya terapis bekam, saya menanyakan, cara menghilangkan bekas bekam flek hitam itu bisa apa tidak ya?

  42. Pak uztad saya terapis bekam, saya ingn menanyakan. Apakah bekas bekam flek hitam bisa dihilangkan

  43. Bekam bisa mengobati penyakit kulit yg disebabkan jamur??

  44. Assalam mualaikum…mhn pencerahannya ustad. apakah dengan membekam darah beku dalam tubuh bisa cair seperti darah orang umumnya (sehat). Zajakamullah ustad di tunggu jawabannya.

    • Wa’alaikumusalam
      Darah Bekam yg dikeluarkan adalah Darah darah yg mengandung Oxidant dan sel sel darah merah yg sudah rusak jd Otomatis ketika dikeluarkan mempengaruhi Darah Segar kita dan keseimbangan Sel darah di tubuh kita sehingga Imunitas meningkat dan menjadi Sehat…InshaaALLAH

  45. Assalamualaikum ustad…
    Sya ingin bertanya efek samping terburuk apa bila kita di bekam..?kemudian adkah cbang di semarang ?saya ingin mencari yg benar2 pham dbdang ini kreana sya sdkit takut untuk bekam basah..

    • Wa’alaikumusalam Mas Farid
      Bekam memang harus dilakukan oleh mereka yg sudah Belajar atau Pelatihan dg Bimbingan langsung dari yg sudah Ahli dan tidak bisa belajar secara Otodidak
      karena Bekam termasuk Operasi kecil/minor jd harus dilakukan oleh orang yg sudah mengikuti pelatihan katrena Efek Buruknya yg ringan adalah Ngedrop seperti Pusing atau Pingsan namun bila tidak hati hati atau Bekam asal asalan NYAWA pun bisa Melayang

  46. Assalamu’alaikum Uwo,

    Saya pernah mengalami gangguan sirkulasi darah di otak sehingga badan sebelah kanan terutama tanggan (lengan dan jari jari telapak tangan kanan) terasa kaku dan mudah capek, selain itu telapak kaki kanan sebagian terasa seperti baal. Akhir kahir ini saya juga merasa agak sesak napas. Apakah bisa di atasi dengan bekam?. untuk klinik Uwo yang di Bandung apakah setiap hari buka?. terima kasih. Hary-Bekasi.

    • Wa’alaikumusalam Mas Haryo
      Sirkulasi darah di Otak memang mempengaruhi Motorik tubuh…karena sensor Motorik ada di bag atas kanan & kiri kepala
      Sesak Nafas bisa dari masalah pada limpa lambung yg mempengaruhi paru paru dan jantung
      sedangkan bagian kaki adalah wilayah otoritas ginjal
      InshaaALLAH semuanya bisa dibantu dg Bekam…
      Mohon Maaf sudah 1 tahun ini sy sudah berdomisili di Gunung Kidul Jogjakarta jadi Layanan Terapi di Bandung biasanya di akhir bulan atau dipertengahan bulan satu minggu saat sy ada kunjungan ke Bandung dan biasanya sy Broadcast by WA atau BBm….InshaaALLAH

  47. Assalamualaikum
    saat ini saya didiagnosa mengidap penyakit paru PPOK dan informasi dokter tidak bisa disembuhkan akan tetapi dapat dihambat, mohon pencerahannya apakah bekam dapat menghambat ppok dan herbal apa yang dapat saya konsumsi serta mohon informasi apakah rumah sehat nur ada cabang di daerah dekat gresik, Terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikumusalam
      Mas Luqman Coba Hub Hp sy ke 0818223645 atau 081223645
      sy malam ini akan meluncur ke Surabaya dan akan ada disana selama 2 hari dari tgl 14-15 Mei 2016
      Klo bisa ketemu biar sy bisa diagnosa ….InshaaALLAH Setiap Penyakit ada Obatnya

  48. Assalamu’alaikum’
    Saya didiagnosa mengidap Paru PPOK, informasi dari dokter bahwa penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan akan tetapi dapat dihambat. sebelum terkena tersebut saya pernah terkena luka usus 12 jari dan saya melakukan bekam rutin hampir 1-2 tahun ini setiap bulan alhamdulillah luka usus tersebut sudah membaik. mohon pencerahannya untuk Paru PPOK ini saya harus melakukan bekam berapa minggu sekali dan herbal apa yang dapat saya konsumsi. terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikumusalam
      Mas Luqman Coba Hub Hp sy ke 0818223645 atau 081223645
      sy malam ini akan meluncur ke Surabaya dan akan ada disana selama 2 hari dari tgl 14-15 Mei 2016
      Klo bisa ketemu biar sy bisa diagnosa ….InshaaALLAH Setiap Penyakit ada Obatnya

  49. Assalamualaikum,maaf mau tanya,apakah pasien berbadan kurus dilarang berbekam?Jika sudah dibekam sudah hmpr 2bln,namun dikulit punggung mengalami iritasi bekas jarum bekam,saya oles dgn balsem malah sakitnya hebat&terasa panas.Adakah obat oles untk menyembuhkan iritasi bekas jarum bekam ini?Terimakasih utk penjelasan nya…

  50. Apa penyebab lepuhan yg td nya kuning kemudian menghitam sebelum kempis pd bekas bekam?

  51. Apa penyebab lepuhan yg td nya kuning kemudian menghitam sebelum kempis pd bekas bekam?
    Apakah perubahan warna kuning ke hitam pada lepuhan karna adanya penyakit lain?

  52. Saya sudah bekam 2 x karena gatal2 parah,tapi belum ada kemajuan Dan malah menjadi lebih parah,bahkan bekas tusukan jarumnya menjadi gatal2 baru.sebelumnya saya selalu minum obat.apakah krn saya mengonsumsi banyak obat2an anti biotik sebelumnya?

    • Mas Chandra coba cari terapis Bekam yg sudah Mahir dg Tekhnik Syartoh/Toreh Agar Hasilnya Optimal dan penyakit gatal gatalnya bisa terbantu dan normal kembali….karena klo Bekam dg tekhnik Jarum selain darah Bekamnya ga Optimal juga karena alatnya tidak 100% steril yg memungkinkan malahan memberi efek jadi lebih gatal

  53. Saya sudah bekam 2xuntuk penyakit gatal2 parah.tp blm ada kemajuan bahkan menjadi lebih parah,apa karena sebelumnya saya selalu mengonsumsi obat anti biotik? Bekas tusukan jarumnya jg menjadi gatal2 baru.

    • Mas Chandra coba cari terapis Bekam yg sudah Mahir dg Tekhnik Syartoh/Toreh Agar Hasilnya Optimal dan penyakit gatal gatalnya bisa terbantu dan normal kembali….karena klo Bekam dg tekhnik Jarum selain darah Bekamnya ga Optimal juga karena alatnya tidak 100% steril yg memungkinkan malahan memberi efek jadi lebih gatal

  54. Susah cari yg professional,Dan maaf sebelumnya,saya perempuan n mencari therapist bekam perempuan di wilayah muara bungo itu susah sekali.

  55. Maaf mau tanya lg,apakah boleh jika saya membekam sendiri area yang gatal Dan berair tersebut?

  56. Assalamualaikum ust.. Saya perempuan dan udh 8 bln berpenyakit urtikaria(biduran) akut. Gatal2 sampai luka krn digaruk.Udh ke dokter dan minum obt2 antibiotik tdk sembuh. Dokter kedua menyarankan untuk bekam. Baca komen yg udh ada, saya takut bekasnya susah hilang atau jd gatal parah. Krn kulit saya sensitif dan kalo luka susah ilang bekasnya. Ditambah lg tdk tau dmn praktek bekam yg profesional di pekanbaru.mohon solusi nya ustad, terapi bekam yg mana yg sesuai untuk saya?

  57. Subhanallah wa Alhamdulillah Allahuakbar

  58. Assalamualaikum ustd, saya mau tanya didalam tubuh ibu saya seperti ada benjolan-benjolan tetapi tidak terlihat langsung dan akan terasa apabila diurut, apakah bs dibekam langsung dititik benjolannya tersebut???

    Syukron

  59. Assalamualaikum ustd, saya mau tanya didalam tubuh ibu saya terdapat benjolan-benjolan tetapi tidak terlihat langsung dan terasa apabila diurut, apakah bs dibekam dititik benjolan langsung tersebut ??

    Syukron

  60. benjolannya agak keras ustd, seperti darah yang membeku…

  61. Bismilah ustadz minta saran untuk bekam sakit ginjal riwayat pernah operasi batu ginjal dan kata dokter beberapa tahun ke depan harus cuci darah daerah mana yang harus di bekam berapa kali dalam sebulan mohon penjelasanya dan terima kasih atas jawabannya

    • Utk Penanganan Gagal Ginjal harus sesuai Masalahnya Akhy….Namun Secara Umum utk Awal Paling tidak Seminggu sekali bahkan bisa seminggu 2-3 kali bila memang kondisinya membutuhkan….Secara Prinsip pasti titik Ginjal yg harus diambil namun biasanya juga organ lain harus diambil seperti limpa lambung & Livernya

  62. Pak Ustadz, bagaimana penanganan untuk penyakit tumor dalam Thibbun Nabawy ? Apakah bisa dengan berbekam ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: